Ringkasan Materi
Materi ini membahas model evaluasi karakter peserta didik dalam lima subbab utama: definisi model, faktor pendidikan nilai, penerapan penilaian karakter, pengembangan alat evaluasi karakter, dan instrumen evaluasi karakter.
Setiap subbab disusun sebagai halaman terpisah yang dapat digunakan sebagai bahan ajar, referensi kuliah, maupun dasar penyusunan instrumen penelitian di STAIN Majene.
Akses Cepat Subbab
1. Definisi Model Evaluasi Karakter
Penjelasan konsep dasar, ruang lingkup, dan landasan teoritik model evaluasi karakter.
Buka Halaman2. Faktor Pendidikan Nilai
Ulasan faktor keluarga, sekolah, sosial, media, dan kebijakan pendidikan.
Buka Halaman3. Penerapan Penilaian Karakter
Penerapan observasi, penilaian diri, teman sebaya, portofolio, dan rubrik.
Buka Halaman4. Pengembangan Alat Evaluasi
Langkah psikometrik: identifikasi konstruk, indikator, validasi, dan uji empiris.
Buka Halaman5. Instrumen Evaluasi Karakter
Jenis instrumen: skala Likert, observasi, rubrik, portofolio, dan instrumen berbasis sekolah.
Buka Halaman