Pengembangan Alat Evaluasi Karakter

Pengembangan instrumen evaluasi karakter bertujuan menghasilkan alat ukur yang valid, reliabel, dan sensitif terhadap berbagai dimensi nilai moral. Proses pengembangannya mengikuti prosedur penelitian psikometri sebagai berikut.

a. Identifikasi konstruk

Menetapkan nilai inti seperti integritas, tanggung jawab, empati, disiplin, religiositas, dan gotong royong. Nilai-nilai ini menjadi dasar penyusunan indikator.

b. Penyusunan indikator

Indikator dirumuskan berdasarkan teori moral dan standar PPK. Setiap indikator menggambarkan perilaku konkret yang dapat diamati dan dinilai.

c. Validasi ahli

Instrumen melibatkan pakar evaluasi dan ahli pendidikan karakter untuk memastikan kesesuaian konten (content validity) serta kejelasan butir pernyataan.

d. Uji coba empiris

Uji coba dilakukan untuk menilai validitas konstruk (misalnya melalui analisis faktor atau CFA), reliabilitas (Cronbach’s Alpha/CR), dan karakteristik butir.

e. Finalisasi instrumen

Penyempurnaan butir dilakukan setelah melewati uji statistik, sehingga instrumen siap dipakai dalam konteks sekolah dengan tingkat objektivitas dan konsistensi yang lebih baik.

Studi SINTA menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan melalui pendekatan ilmiah mampu meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dalam pembinaan karakter peserta didik.